Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Vol 22 No 1 (2021): Tamaddun Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan

PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIST TENTANG MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Syamsul Arifin (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

Pendidikan adalah disebut juga dengan istilah Kurikulum atau lebih tepatnyamateri adalah bagian dari kurikulum, sehingga pengertian Materi dalam operasionalnya lebihpada pengertian kurikulum. Maka dapat penulis definisikan bahwa Materi PendidikanAgama Islam dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadist sangat relevan dengan pengertian yangkedua bahwa Hakikat Materi dalam Pendidikan Agama Islam adalah Sesuatu yang menjadibahan yang telah dipikirkan, dibicarakan, dikarangkan (diceritakan/disampaikan) yangberhubungan dengan pelajaran dan pembelajaran sebagai bagian dari muatan kurikulumpendidikan yang didasarkan pada Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadist. Dalam wacanakeislaman pendidikan lebih populer dengan istilah tarbiyah, ta'lim, ta'dib, riyadhah, irsyad,dan tadris selanjutnya pengertian pendidikan secara umum dalam konsep Islam mengacu padamakna dan asal kata yang membentuk kata pendidikan itu sendiri dalam hubungannya denganajaran Islam sebagaimana didefinisikan oleh para pakar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tamaddun

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini bernama Tamaddun yang artinya (peradaban, kebudayaan, kemajuan) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik, terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juli dan Januari. Tujuan dari jurnal ini adalah memfasilitasi para ...