Sentra Cendekia
Vol 2 No 1 (2021)

Mengenal Geometri Melalui Permainan Lompat Geometri Di Kelompok Bermain Miftahul Hidayah Demak

Siti Solichah (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia)
Marini Marini (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia)
Muhammad Sukiram (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia)
Maria Denok (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2021

Abstract

Peningkatan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun bergantung pada pembelajaran dan pembiasaan, cara mengajar di sekolah dan ragam alat pembelajaran yang digunakan juga sangat berpengaruh untuk keberhasilan peningkatan kognitif anak. Fakta yang tejadi di Kelompok Belajar Miftahul Hidayah Demak permasalahannya adalah kurangnya stimulasi perkembangan kognitif anak khususnya dalam mengenal bentuk geometri inilah yang di angkat pada penelitian ini. Maka metode PTK yang digunakan sebagai cara untuk mengurangi permasalahan yang ada. Subjek penelitian adalah 15 anak usia 3-4 tahun yang belajar di Kelompok Bermain Miftahul Hidayah Demak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kemampuan mengenal geometri mampu terstimulasi dengan baik dari proses belajar dengan menggunakan permainan lompat geometri. Hasil ini terlihat setelah proses PTK terlaksana mulai dari proses pra siklus, siklus I sampai siklus II

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jsc

Publisher

Subject

Education

Description

The focus of Sentra Cendekia is research, study, and analysis that related to early childhood ...