Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2020 - Mei 2021)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IIS 1 SMA NEGERI 2 KOTA SUNGAI PENUH

Resi Yulia Aftiani (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Khairinal Khairinal (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Suratno Suratno (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Dengan adanya kemajuan teknologi pada saat ini guru di tuntut untuk bisa memanfaatkan berbagai media. Pendidik hanya menggunakan papan tulis, buku, LKS dan slide power point biasa sebagai media pembelajaran peserta didik hanya mendengarkan apa yang dijelaskan oleh pendidik. Hal tersebut menimbulkan rasa bosan dan pembelajaran yang bersifat monoton sehingga peserta didik tidak tertarik dalam roses pembelajaran. Salah satu solusinya yaitu adanya alternatif media yang interaktif agar pembelajaran lebih menarik dan memudahkan peserta didik. E-book berbasis flip pdf professional merupakan salah satu alternatif media yang dapat digunakan baik oleh pendidik maupun peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model yang di gunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Borg and Gall. Sampai dengan uji kelompok besar. Hasil pengembangan E-Book menggunakan flip pdf professional pada materi lembaga jasa keuangan dalam perekonomian indonesia sudah dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji kelompok besar penilian angket kemandirian belajar siswa terhadap e-book yang dikembangkan dengan rata-rata persentase 80% dengan kriteria “Baik”. Termasuk kategori “Tinggi”. Hasil uji kelompok kecil penilaian angket minat belajar siswa terhadap e-book yang dikembangkan dengan rata-rata persentase 83% dengan kriteria “Baik”. Termasuk kategori “Tinggi”. Berdasarkan hasil uji kelompok besar penilian angket minat belajar siswa terhadap e-book yang dikembangkan dengan rata-rata persentase 83% dengan kriteria “Baik”, termasuk kategori “Tinggi”. Dari tanggapan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa e-book yang dikembangkan dapat meningkatkan Kemandirian dan minat belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...