Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2020 - Mei 2021)

TINDAK TUTUR GURU KELAS I SD NEGERI 68/IV KOTA JAMBI DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Eko Kusuma Dianto (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Ilman Zeid (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Febri Saputra Nugraha (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak tutur guru kelas I SD Negeri 68/IV Kota Jambi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru kelas I SD Negeri 68/IV Kota Jambi. Sumber data diambil dari informan yakni guru kelas I SD Negeri 68/IV Kota Jambi yang mengajar di sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak. Analisis data yang digunakan adalah analisis pragmatik. Jenis tindak tutur guru kelas I SD Negeri 68/IV Kota Jambi dalam proses pembelajaran yang terjadi antara guru dan siswa sebanyak 20 jenis yang terdiri dari tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi, Fungsi tindak tutur guru kelas I SD Negeri 68/IV Kota Jambi dalam proses pembelajaran di kelas terungkap sebanyak lima jenis yaitu tukar menukar informasi faktual, tukar menukar informasi intelektual, tukar menukar sikap emosi, tukar menukar sikap moral, dan mempengaruhi/meyakinkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...