Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 2 No. 3 (2021): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Penggunaan Google Classroom terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STKIP Yapis Dompu

Supriyaddin Supriyaddin (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap motivasi belajar mahasiswa di STKIP Yapis Dompu dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap motivasi belajar STKIP Yapis Dompu, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, populasi dan sampel yakni Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Yapis Dompu Angkatan 2018 pada Mata Kuliah E-Learning dengan jumlah 24 orang, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Nilai korelasi Google Classroom adalah 0,095, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Classroom berhubungan secara positif terhadap motivasi belajar namun dengan tingkat hubungan sangat lemah karena berada pada tingkat korelasi 0,00–0,199. Berdasarkan hipotesis yang diajukan, maka terdapat pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap motivasi belajar Mahasiswa STKIP Yapis Dompu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...