Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi system pencernaan pada manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan yang berjumlah 22 orang siswa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 pada observasi pengajar, observasi siswa dan hasil belajar belum mencapai keberhasilan. Masing-masing persentase tingkat keberhasilan hanya mencapai 54%. Pada hasil belajar sedangkan aktivitas pengajar dan siswa mencapai 71,25% Sedangkan kegiatan siswa siklus I adalah 67,5%., sedangkan pada siklus II hasil belajar mencapai 86% dan hasil observasi pengajar dan siswa masing-masing mencapai adalah 96,25%. Sedangkan kegiatan siswa siklus adalah 86,25%, criteria tersebut sudah mencapai tingkat keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP negeri I Peusangan pada materi system pencernaan manusia.
Copyrights © 2021