JEMAS : Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains
Vol. 2 No. 1 (2021): Maret | Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEN PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA

Rahmi Rahmi (Universitas Almuslim)
Hasanuddin Hasanuddin (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi system pencernaan pada manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan yang berjumlah 22 orang siswa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 pada observasi pengajar, observasi siswa dan hasil belajar belum mencapai keberhasilan. Masing-masing persentase tingkat keberhasilan hanya mencapai 54%. Pada hasil belajar sedangkan aktivitas pengajar dan siswa mencapai 71,25% Sedangkan kegiatan siswa siklus I adalah 67,5%., sedangkan pada siklus II hasil belajar mencapai 86% dan hasil observasi pengajar dan siswa masing-masing mencapai adalah 96,25%. Sedangkan kegiatan siswa siklus adalah 86,25%, criteria tersebut sudah mencapai tingkat keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP negeri I Peusangan pada materi system pencernaan manusia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jemas

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

JEMAS : JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JEMAS memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) dalam bidang pendidikan matematika, ...