Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 2, No 1 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED METHEMATICS PROJECT (CMP)

Tua Halomoan Harahap (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Marah Doly Nasution (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran connected mathematics project dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP Negeri 3 Medan T.P 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan T.P 2018/2019 yang terdiri dari 40 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model connected mathematics project dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan pokok bahasan lingkaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk mengetahui pemahaman matematika siswa dengan menggunakan model connected mathematics project. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tsbel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 18 orang siswa (45%) yang tuntas 22 orang siswa (55%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 24 orang siswa (60%) yang tuntas, sedangkan 16 orang siswa (40%) belum tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 34 orang siswa (85%) yang tuntas, hasil observasi siswa yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil rata-rata pada siklus I sebesar 73,85 dan pada siklus II sebesar 86,75. Aktivitas belajar matematika siswa selalu mengalami peningkatan mulai dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belajar menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran SMP Negeri 3 Medan T.P 2018/2019.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...