Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 1, No 2 (2020): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

Penerapan Model Problem Based Learning dan Etnomatematik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Atika Erlina Nasution (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Irvan Irvan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Ismail Hanif Batubara (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Dari studi pendahuluan diperoleh data bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah.  Salah satu cara meningkatkannya adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning  dengan Ethomatematics berbantuan Geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengikuti  perbedaan  kemampuan komunikasi siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan etnomatematik menggunakan geogebra dengan siswa yang diberi pembelajaran problem based learning tanpa geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Medan. Anacova menjadi teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konstanta persamaan garis regresi linier untuk kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen I yaitu 35,72 lebih besar dari persamaan konstanta persamaan garis regresi linier kelas eksperimen II yaitu 28,48. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran problem based learning dengan etnomatematiks menggunakan geogebra secara signifikan lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran problem based learning dengan etnomatematik  tanpa menggunakan geogebra.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...