Journal of Educational Review and Research
Vol 4, No 1 (2021): VOLUME 4 NUMBER 1 JULY 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII

Siti Karlinawati (MI Al-Ikhlas Singkawang)
Rosmaiyadi Rosmaiyadi (STKIP SINGKAWANG)
Citra Utami (STKIP SINGKAWANG)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap respon siswa; (3) mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran scramble terhadap keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Singkawang kelas VIII menggunakan metode ekperimen dengan rancangan berupa posttest only control design. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu effect size, rerata skor dan dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 5 Singkawang dengan nilai Effect Size (ES) yaitu 1,75; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap respon siswa yaitu mencapai 76,52% dengan kriteria positif; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap keterlaksanaan pembelajaran yaitu mencapai 86% dengan kriteria sangat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...