Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 3 No 1 (2021): MAY

Analisis Tingkat Kognitif Soal pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika MTs

Andi Susanto (Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang)
Yulia Yulia (Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang)
Putri Rahmah (Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

LKPD merupakan media pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk berlatih menyelesaikan soal pada mata pelajaran matematika guna membantu peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan pesera didik MTs Muhammadiyah Muaro Pauah, peserta didik menyatakan kebanyakan soal  pada LKPD sulit untuk diselesaikan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui keadaan sebenarnya soal LKPD tersebut dengan menganalisis tingkat kognitif soalnya. Jenis penelitian ini adalah studi dokumen/teks. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data penelitian ialah lembar penilaian tingkat kognitif soal. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif persentatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kognitif soal LKPD yaitu C1 (2,32%), C2 (4,65%), C3 (69,76%), C4 (23,25%), C5 (0%), C6 (0%) untuk contoh soal, dan C1 (4,80%), C2 (9,60%), C3 (53,60%), C4 (32,00%), C5 (0%), C6 (0%)  untuk soal uji kompetensi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa soal LKPD telah mencakup tingkat berpikir yang bervariasi yaitu tingkat berpikir rendah (C1 dan C2), menengah (C3) dan tinggi (C4). Namun, tingkat kognitif soal LKPD didominasi oleh soal berpikir tingkat menengah (C3). Dengan begitu, soal LKPD belum sesuai dengan perbandingan 30% : 40% : 30% untuk masing-masing kategori soal mudah, sedang, dan sukar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...