Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 3 No 1 (2021): MAY

Analisis Soal Ujian Akhir Semester Matematika SMP

Andi Dian Angriani (UIN Alauddin Makassar)
Sitti Mania (UIN Alauddin Makassar)
Syamsul Alam (UIN Alauddin Makassar)
Muhammad Rusydi Rasyid (UIN Alauddin Makassar)
Andi Kusumayanti (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan kesulitan serta daya pembeda soal matematika saat Ujian Akhir Semester genap khususnya kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Timur. Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Siswa di kelas VIII menjadi subyek dari penelitian ini yang jumlahnya 131 orang. Soal yang digunakan berbentuk uraian. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi agar diperoleh daftar nama , soal sekaligus kunci jawaban, serta seluruh lembar jawaban peserta didik. Data diolah menggunakan aplikasi komputer, yaitu Anates 4.0.5. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Anates V. 4.0.5 pada soal matematika UAS di kelas VIII SMPN 1 Sinjai timur diperoleh soal yang termasuk sukar berjumlah 3 soal (30%), soal yang termasuk kategori sedang berjumlah 5 soal (50%), dan soal yang termasuk kategori mudah berjumlah 2 soal (20%). Soal dengan daya pembeda jelek berjumlah 1 soal (10%), soal dengan daya pembeda cukup berjumlah 3 soal (30%), soal dengan daya pembeda baik sebanyak 6 soal (60%), dan tidak ada soal dengan daya beda yang baik sekali (0%). Soal yang memiliki daya pembeda yang baik diterima, soal yang memiliki daya pembeda cukup diperbaiki, dan soal yang memiliki daya pembeda yang jelek tidak digunakan. Dengan demikian secara keseluruhan soal matematika yang diujikan pada ulangan akhir semester genap di kelas VIII SMPN 1 Sinjai timur telah cukup baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...