Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

HUBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKATtTINGGI (HOTS) DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH QUANTITIY SURVEYING DAN MANAJEMEN PROYEK JURUSAN TEKNIK SIPIL FT-UNP

Anisa Fardila (Teknik sipil)
Fahmi Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

penulisan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan berpikir tinggi (HOTS) dengan hasil belajar mahasiswa mata kuliah Quantitiy Surveying dan Manajemen Proyek Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Populasi dalam penelitian ini adalah angkatan 2017 Prodi Pendidikan Teknik Bangunan sebanyak 83 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik probability sampling. Berdasarkan rumus dengan jumlah populasi (N) 83 diperoleh sampel sebanyak 67 orang. Desain penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tes keterampilan berpikir tingkat tinggi yang telah divalidasi oleh Ahli yaitu dosen Jurusan Teknik Sipil. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan Micosoft Excell2010 dan SPSS 20.0. Dengan menggunakan Rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) memiliki hubungan kategori lemah dengan hasil belajar mahasiswa angkatan 2017 Prodi Pendidikan Teknik Bangunan mata kuliah Quantitiy Surveying dan Manajemen Proyek sebesar 0,033 pada taraf signifikansi 0,05. Setelah dilakukan uji t diperoleh hasil bahawa thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho di tolak. Jadi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada keterampilan berpikir tingkatttinggi (HOTS) terhadap hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...