Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 8 No. 2 (2019): DIDAKTIKA Mei 2019

Kompetensi Profesionalisme Guru dan Peranannya dalam Mengimplementasikan Kurikulum

St. Marwiyah Marwiyah (IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
01 May 2019

Abstract

Kurikulum sebagai rancangan pendidikan dalam arti luas memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh kegiatan proses belajar-mengajar. Bahkan para ahli pendidikan beranggapan bahwa kurikulum sebagai “kompas” yang menentukan akan ke mana peserta didik diarahkan, agar mereka dapat bersaing dalam perkembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi modern. Namun perlu diingat, bahwa bagaimanapun hebatnya segala rancangan kurikulum yang tertulis yang ditawarkan kepada peserta didik tidaklah cukup,tanpa dibarengi dengan kompetensi profesional guru yang memadai, sebab guru merupakan komponen yang sangat penting dalam mengimplementasikan kurikulum di lapangan. Maka oleh karena itulah upaya peningkatan kualitas pendidikan bagi guru perlu terus diupayakan, baik lewat pendidikan kedinasan yang bersifat formal maupun lewat pelatihan-pelatihan yang bersifat kontemporer, dan lain-lain yang dapat meningkatkan profesionalisme guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...