INTELEKTIUM
Vol 2 No 1 (2021): INTELEKTIUM

Pengaruh Penggunaan Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Khaerunnisa Khaerunnisa (Universitas Indraprasta PGRI)
Deden Ibnu Aqil (Universitas Indraprasta PGRI)
Bado Riyono (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode Student Teams Achievment Divisions (STAD) terhadap hasil belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) pada Siswa Kelas XI di SMK Mahadika 2 Jakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Mahadhika 2 Jakarta kelas XI yang berjumlah 70 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 02 dan XI TKR 01 yang ada di SMK Mahadhika 2 Jakarta yaitu sebanyak 46 siswa. Instrument Penelitian ; Uji validitas, Uji Reliabilitas, Taraf Kesukaran Butir Soal, Penguji Daya Beda Soal, Teknis Analisis Data ; Statistik Deskripsi Penelitian Uji-t untuk dua kelompok data dari dua kelompok sampel (Uji Hipotesis). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dengan metode STAD lebih maksimal dibandingkan dengan kelas kontrol. begitu juga hasil uji hipotesis, bahwa terdapat perbedaann signifikan nyata antara kelompok eksperimen dan kontrol. Penggunaan pembelajaran dengan metode STAD dapat memengaruhi hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

intelektium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Intelektium adalah jurnal yang diterbitkan oleh Neolectura, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Intelektium adalah media publikasi ilmiah dalam bentuk makalah konseptual dan penelitian lapangan yang terkait dengan bidang pendidikan. Diharapkan Intelektium dapat menjadi media bagi akademisi dan ...