Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 4, No 2: November 2020

Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Persamaan Diferensial

Rosyid Ridlo Al Hakim (Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Global Jakarta)
Glagah Eskacakra Setyowisnu (Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman)
Agung Pangestu (Prodi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dapat meningkatkankompetensi dan cakupan pemahaman ilmu bagi siswa. Matematika merupakan queen ofscience bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Seiring denganperkembangan teknologi, peran ilmu matematika sangat penting sebagai buah kontribusidari lajunya perkembangan IPTEK yang dewasa ini sudah teradaptasi dengan teknologiterkini. Kesulitan utama siswa dalam memahami materi pembelajaran salah satunyamateri persamaan diferensial pada ilmu matematika di kelas dipengaruhi beberapa faktor,sehingga perlu adanya sebuah media pembelajaran khusus yang memanfaatkan fasilitasteknologi guna kemudahan proses pembelajaran dan pemahaman materi bagi siswa,seperti media pembelajaran matematika materi persamaan diferensial yang berbasisaplikasi mobile. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaranmatematika pada materi persamaan diferensial, dan media ini berbasis aplikasi Android,sehingga dapat digunakan oleh para pengguna smartphone Android dalam memahamimateri persamaan diferensial. Metode penelitian menggunakan metode pengembangansistem secara waterfall. Hasil berupa implementasi sistem dalam bentuk aplikasi Androidmedia pembelajaran materi persamaan diferensial. Aplikasi media pembelajaranmatematika materi persamaan diferensial ini dapat berjalan dengan baik pada smartphoneAndroid dan setiap pengujian fitur berhasil menghasilkan sesuai harapan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...