Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Hambatan guru dalam pembelajaran daring: Studi kasus di kelas V MIN 2 Kota Mataram

Muhamad Ahyar Rasidi (Universitas Islam Negeri Mataram)
Nurrismi Hikmatullah (Universitas Islam Negeri Mataram)
M. Sobry (Universitas Islam Negeri Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan mendeskripsikan hambatan pembelajaran daring di kelas V MIN 2 Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan dengan mengeksplorasi informasi dari 2 guru dan 5 peserta didik sebagai subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat berbagai hambatan guru dalam menerapkan pembelajaran daring diantaranya: (1) implementasi perangkat pembelajaran yang disusun belum dapat diimplementasikan secara optimal, termasuk pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. (2) Keterbatasan kuota internet dan handphone android peserta didik. Adapun strategi antisipasinya, guru menggunakan flatform media sosial lainnya sebagai media pembelajaran. Adapun cara mengatasi hambatan tersebut dilakukan dengan berbagai tindakan nyata seperti: (1) penyediaan kuota internet gratis, (2) pendampingan dan pelatihan e-learning, dan (3) pembagian ponsel gratis. Ditambah dengan penyajian materi pembelajaran yang menarik dan peningkatan motivasi belajar peserta didik secara berkelanjutan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...