Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 1 (2021)

PENGEMBANGAN LITERASI DINI MELALUI METODE SOSIODRAMA

Yusria Yusria (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Pengenalan literasi dini dapat diperoleh anak melalui bermain sosiodrama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan literasi dini melalui demonstrasi metode sosiodrama yang ditampilkan oleh guru dan anak. Metode sosiodrama digunakan dengan harapan dapat membantu guru mengembangkan minat literasi pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pada lembaga pendidikan Islam anak usia dini di Propinsi Jambi. Tahap pertama penelitian ini adalah studi pendahuluan dengan melakukan observasi pada lembaga pendidikan Islam anak usia dini yang masih menggunakan pengajaran literasi konvensional. Tahap kedua guru mendemosntrasikan metode sosiodrama di lakukan pada 5 lembaga PIAUD di Kabupaten Tebo dan Sarolangun, dengan menggembangkan konsep RAMBANA yaitu Ramah, Menyenangkan, Bersahabat dan Bermakna. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa metode sosiodrama dapat mengembangkan literasi dini pada anak di sekolah sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang berbeda dan menyenangkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

smartkids

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Other

Description

1. Pengembangan 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 2. Parenting 3. Manajemen PAUD 4. Asesmen Perkembangan AUD 5. Psikologi Perkembangan AUD 6. Strategi Pembelajaran AUD 7. Pengembangan Kurikulum PAUD 8. Alat Permainan Edukatif untuk AUD 9. Media dan Inovasi Pembelajaran AUD 10. Gizi dan Kesehatan ...