KUMARA CENDEKIA
Vol 9, No 2 (2021): Kumara Cendekia

PENGARUH THE ORFF APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN POLA ANAK USIA DINI

Tiffani Marcelinawati (Unknown)
Warananingtyas Palupi (PG PAUD UNS)
Adriani Rahma Pudyaningtyas (PG PAUD UNS)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Salah satu ranah perkembangan kognitif pada  kelompok anak usia dini adalah kemampuan memahami pola. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh metode The Orff Approach pada pemahaman pola anak usia dini. Riset ini dilakukan dengan metode kuantitatif eksperimen, dan menggunakan metode Quasi  Experimental Design, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh. Kelompok anak usia dini dengan usia 4 sampai dengan 5 tahun yang berjumlah 24 orang diputuskan sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tes sebagai metode pengumpulan data. Uji validitas menggunakan validitas konsrtuk. Uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan Shapiro-Wilkdan Levene test for Equality of Variance. Analisis data menggunakan statistic parametric dengan uji–t, berupa uji Independent Sample t-test. Melalui hasil dari penelitian ini, disimpulkan bahwa The Orff Approach berpengaruh terhadap pemahaman pola anak usia dini. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil rata – rata posttest kelompok eksperimen.Posttest kelompok esperimen menunjukkan 12,92 dari pretest nya 10,00.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa The Orff Approach mampu diterapkan dalam disiplin ilmu lainnya. 

Copyrights © 2021