Publikasi Pendidikan
Vol 11, No 2 (2021)

Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Model Integrasi Terpadu Literasi Sains Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA

Alif Yanuar Zukmadini (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Bengkulu)
Bhakti Karyadi (Prodi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Syaiful Rochman (Prodi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Berkaitan dengan upaya peningkatan literasi sains dan pendidikan karakter peserta didik, selama ini masalah yang dihadapi oleh guru IPA SMP di kabupaten Bengkulu Tengah adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan pembelajaran yang bermuatan literasi sains dan Pendidikan karakter di kelas. Selain itu masalah yang dihadapi oleh guru adalah kurangnya kompetensi guru dalam merancang strategi pembelajaran IPA yang menitikberatkan pada peningkatan literasi sains dan pengembangan karakter peserta didik. Melalui kegiatan pengabdian ini, solusi yang dilakukan adalah memberikan pelatihan kepada guru IPA untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi strategi pembelajaran IPA yang mengintegrasikan literasi sains dan pendidikan karakter. Kegiatan ini melibatkan 20 orang guru mata pelajaran IPA yang berasal dari 10 SMP yang ada di kabupaten Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode kaji tindak. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan guru dalam merancang strategi pembelajaran IPA melalui model integrasi literasi sains dan PPK. Kegiatan ini sangat penting sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kompetensi mengajar guru IPA.Kata kunci: Model Integrasi, Literasi Sains, Penguatan Pendidikan Karakter, Guru IPA,Pembelajaran IPA

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...