Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 17, No 2 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Humairah, Nur Isna (Unknown)
Khaeruddin, Khaeruddin (Unknown)
Yani, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model 4-D yang bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan LKPD fisika berbasis virtual lab yang valid; (2) mendeskripsikan penilaian guru terhadap LKPD fisika berbasis virtual lab; (3) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis virtual lab; dan (4) mendeskripsikan efektivitas penggunaan LKPD fisika berbasis virtual lab. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 28 orang peserta didik kelas XI MIA 1 di SMAN 6 Sinjai pada tahun ajaran 2020/2021. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar validasi LKPD, lembar penilaian guru, angket respon peserta didik, dan hasil kerja LKPD fisika berbasis virtual lab. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan: (1) LKPD fisika berbasis virtual lab dinyatakan valid dengan nilai content validity sebesar 0,93. Profil LKPD yang memenuhi kriteria tersebut terdiri atas: sampul, identitas, Kompetensi Dasar (KD), pengantar, tujuan percobaan, informasi kerja, rumusan masalah, rumusan hipotesis, identifikasi variabel, definisi operasional variabel, alat dan bahan, prosedur kerja, hasil pengamatan, analisis data, kesimpulan, dan daftar rujukan; (2) guru memberikan penilaian dengan kategori sangat baik pada setiap aspek penilaian LKPD fisika berbasis virtual lab yang dikembangkan; (3) peserta didik memberikan respon positif terhadap LKPD fisika berbasis virtual lab yang dikembangkan; dan (4) LKPD fisika berbasis virtual lab dinyatakan efektif karena ≥80% peserta didik telah mencapai ketuntasan hasil kerja LKPD.

Copyrights © 2021