Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 17, No 2 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

SEBARAN TINGKAT PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI

Syiarah, Hikmah (Unknown)
Novista, Elfrida Desya (Unknown)
Agatha, Falentina Loveria (Unknown)
Simamora, Nadia Natalia (Unknown)
Safitri, Haini (Unknown)
Fitriani, Riska (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kepahaman siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Jambi terhadap materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap tiga kelas sampel yang diberikan perlakuan yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dimana data penelitian diperoleh dengan menyebarkan angket dalam bentuk link google form karena mengingat situasi pandemi seperti ini yang tidak memungkinkan untuk bertemu dengan siswa secara langsung. Populasi penelitian adalah siswa kelas  XI MIPA 1,2, dan 3 SMAN 4 kota Jambi. Teknik sampling yang digunakan non probability sampling yaitu sampel kuota dengan taraf kepercayaan 90% dengan ukuran sampel 60 siswa. Teknik analisis data uji prasyarat yang dilakukan diantaranya uji normalitas dan uji homogenitas software SPSS 21. Hasil uji homogenitas dengan bantuan software SPSS 21 adalah 0,698 > 0,05 yang artinya seluruh kelas memiliki variansi yang sama dalam memahami pembelajaran fisika materi usaha dan energy.

Copyrights © 2021