Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
Vol 11 No 1 (2021): MJoCE

Strategi STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TERINTEGRASI RECALL MEMFASILITASI PROSES TERJADINYA KONFLIK KOGNITIF DAN REDUKSI BEBAN MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU KIMIA

Napsin Palisoa (FKIP, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2021

Abstract

Strategi conceptual change terntegrasi recall dikembangkan dengan tujuan untuk memfasilitasi terjadinya konflik kognitif dan reduksi beban miskonsepsi mahasiswa calon guru kimia. Penelitian i studi kasus, dengan subjek penelitian mahasiswa calon guru kimia yang terdeteksi mengalami beban miskonsepsi tinggi pada konsep ikatan ionik lebih dari 50%, menggunakan metode three tier diagnostic test. Mahasiswa yang terdeteksi beban miskonsepsi tinggi pada konsep ikatan ionik, diperbaiki struktur kognitif (skemata) secara individual menggunakan strategi conceptual change terintegrasi recall menyebabkan terjadinya konflik kognitif dan reduksi beban miskonsepsi. Data diperoleh menggunakan triangulasi metode, yaitu observasi, wawancara dan video. Hasil penelitian strategi conceptual change terintegrasi recall memberikan dampak yang baik pada, (1) proses recall membantu memberikan informasi miskonsepsi yang tersimpan dalam long term memory, (2) terjadi peningkatan konflik kognitif, menyebabkan perubahan konsepsi dengan mudah, (3) terjadi penurunan beban miskonsepsi (MK) menjadi tahu konsep (TK).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mjoce

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) merupakan jurnal ilmiah berkala dengan ciri khas/identitas Kimia dari Maluku, seperti: minyak atsiri, produk dan pangan laut, pendidikan kimia yang berkarakter kelautan dan kepulauan, dll. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah tentang bidang kimia yang ...