Usaha skala mikro seringkali terkendala berbagai permasalahan terutama dibidang pemasaran. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh UMKM masih terkendala biaya sehingga hanya beberapa unsur komunikasi dalam pemasaran terpadu yang dapat diterapka UMKM yaitu: iklan, publisitas, promosi penjualan dan pemasaran langsung. Oleh karenanya perlu ada role model perumusan strategi komunikasi pemasaran yang diperlukan bagi usaha skala mikro. Adapun tujuan yang ingin di capai dalam kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan pengetahuan usaha kecil dan menengah melalui strategi komunikasi pemasaran untuk memasarkan produk yang lebih luas sehingga penjualan bisa meningkat; meningkatkan kemampuan pelaku usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya melalui strategi komunikasi pemasaran. Manfaat langsung yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah diharapkan dapat membantu pihak usaha kecil dan menengah mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan terkait pemanfaatan strategi komunikasi pemasaran untuk mempromosikan produk usahanya sehingga bisa meningkatkan penjualan; diharapkan dapat memberikan pemahaman dan wawasan dalam pemahaman terkait strategi pemasaran yaitu strategi komunikasi pemasaran pada pelaku usaha kecil dan menengah di Kelurahan Cipondoh Makmur Kota Tangerang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021