Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 4 No 2 (2021)

Pelatihan Pengembangan Model Penilaian Otentik (Authentic Assessment) pada Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar bagi Guru-Guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar Di Kabupaten Lombok Barat

Nurachman Hanafi (Universitas Mataram)
Santi Farmasari (Universitas Mataram)
Mahyuni Mahyuni (Unknown)
Muhammad Amin (Unknown)
Yuni Budi Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Secara umum, program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan Menyampaikan materi tentang rubrik penilaian pembelajaran bahasa Inggris dan secara khusus tentang bentuk-bentuk penilaian otentik yang dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan melibatkan guru-guru bahasa Inggris Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Barat. Pealtihan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu (1) penyampaian materi tentang penilaian pembelajaran bahasa dan penilaian otentik, (2) diskusi dan kerja kelompok mengembangkan rencana atau prosedur penilaian berdasarkan kompetensi dasar atau indikator yang telah ditetapkan, dan (3) presentasi hasil pengembangan dan revisi bersama rencana penilaian yang telah dikembangkan. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah (1) pemahaman guru tentang penilaian pembelajaran bahasa Inggris, (2) pemahaman guru tentang penilaian otentik dan (3) keterampilan pengembangan penilaian otentik, prosedur dan instrumen penilaian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...