Kemampuan berpikir reflektif matematis dan pemecahan masalah matematis marupakan kemampuan yang harus dikembangkan peserta didik karena kemampuan ini sangat dibutuhkan ketika pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara kemampuan berpikir reflektif matematis dengan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini yaitu correlational design. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan sampel penelitian sebanyak 34 peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir reflektif matematis dengan pemecahan masalah matematis. Besar pengaruh kemampuan berpikir reflektif matematis terhadap pemecahan masalah matematis yaitu sebesar 27%.
Copyrights © 2021