Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 6, No 1 (2021): JANUARI

Strategi Pelaporan Penilaian Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid-19 di RA Al-Ma’ruf Beyan

Imam Syafi'i (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Nur Qomariyah (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

RA Al-Ma’ruf Beyan Pandanwangi Jombang, orang tua biasanya datang secara langsung ke sekolah guna dan mendiskusikan hasil penilaian secara langsung. Pada awal tahun 2020, terjadi pandemi Covid-19 dimana kasus terus menerus meningkat tiap harinya. Hal ini memengaruhi kehidupan, salah satunya dunia pendidikan. Hingga dikeluarkannya kebijakan bahwa pembelajaran dialihkan dengan menggunakan via daring (dalam jaringan) atau Pembelajaran Jarak Jauh. Berdasarkan kebijakan tersebut, maka penilaian dan pelaporan penilaian pun berubah, begitu pula di RA Al-Ma’ruf Beyan Pandanwangi Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pelaporan penilaian yang diadakan oleh RA Al-Ma’ruf Beyan Pandanwangi Jombang ditengah pandemi Covid-19 ini. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara secara online dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sekolah menerapkan strategi pelaporan dengan tetap melalui tatap muka namun terbagi menjadi 4 sesi kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang tua, dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...