Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MENGGUNKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 RAHA

Harfiana, Indah (Unknown)
Andrias, Andrias (Unknown)
Nursalam, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2021

Abstract

SMAN 2 Raha merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Muna yang menjadi objek penelitian karena hasil belajar Geografinya masih dalam kategori rendah. Tujuan dalam penelitian ini  adalah: 1) untuk mendeskripiskan aktivitas belajar siswa kelas X IPS 1 SMAN 2 Raha saat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry pada materi pokok dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan; 2) untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar di kelas X IPS 1 SMAN 2 Raha saat melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inquiry pada materi pokok dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan; 3) untuk mendeskripsikan hasil belajar Geografi siswa kelas X ips 1 SMAN 2 Raha yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry pada materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitaif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 2,8 pada siklus II meningkat menjadi 3,25; 2) aktivitas mengajar guru siklus I sebesar 2,6 pada siklus II meningkat menjadi 3,55; 3) hasil belajar siswa sebesar 60% atau ketuntasan sebanyak 15 dari 25 orang siswa , pada siklus II meningkat menjadi 84% atau ketuntasan sebanyak 21 orang dari 25 orang siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...