Philanthropy: Journal of Psychology
Vol. 5 No. 1 (2021)

Efektivitas Diagnosis Dan Habituasi Tosm A1 Terhadap Kompetensi Hitung Dasar Intuitif Pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Ade Machnun Saputra (Universitas Semarang)
Tantri Ida Nursanti (Universitas Semarang)
Fendy Suhariadi (Department of Industrial and Organisational Psychology, Airlangga University)
Rini Sugiarti (Department of Psychology, Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: adanya efektivitas diagnosis dan habituasi metode ToSM level A1 bilangan asli terhadap kompetensi hitung dasar intuitif untuk operasi tambah, kurang, kali dan bagi. Kompetensi hitung dasar intuitif adalah kemampuan kognitif (pengetahuan) dan keterampilan mengoperasikan hitung dasar secara intuitif. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik total sampling atau sampel jenuh.  Selain itu untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Anava dan Uji Independent Sample T Test serta uji signifikansi dan linearitas.  Adapun hasil uji hipotesis uji T terdapat perbedaan hasil antara pretest dan posttest ToSM pada mahasiswa tingkat akhir dengan habituasi aplikasi ToSM selama 15 hari. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa metode ToSM level A1 efektif sebagai alat diagnosis hitung dasar intuitif pada subjek penelitian dengan bukti masih ada mahasiswa yang belum memiliki kompetensi hitung dasar intuitif yakni kurang dari 30 OPM, sekaligus efektif terhadap peningkatan kompetensi hitung dasar intuitif.  Kata kunci: Diagnosis, Habituasi, Metode ToSM, Kompetensi hitung dasar intuitif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

philanthropy

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Philanthropy: Journal of Psychology includes articles on the results of applied concepts and psychology studies that are within the scope of positive psychology and mental health issues. It accepts articles that are based on the thorough and systematic examination of psychological constructs from ...