MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Volume 4 Nomor 3 Tahun 2021

Pemberdayaan Guru Melalui Literasi Digital Berbasis Quick Response Code

Nursalam Nursalam (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Suardi Suardi (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muhajir Muhajir (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Permasalahan guru yang sangat penting untuk diselesaikan melalui kegiatan pengabdian ini adalah (1) Minimnya pengetahuan dan keterampilan kelompok guru mata pelajaran IPS dan PPKn dalam membuat quick response code, (2) Susahnya siswa mendapatkan materi secara online yang terkait langsung dengan materi pelajaran. Solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah pelatihan literasi digital berbasis quick response code untuk kelompok guru mata pelajaran IPS dan PPKn. Hasil kegiatan dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu tahap penyediaan materi, tahap sosialisasi, tahap penyampaian materi, tahap pembagian literasi digital. Sedangkan kegiatan pelatihan literasi digital kepada siswa terdiri dari tahap pembuatan jadwal pertemuan, tahap penyampaian materi, tahap penggunaan literasi digital, tahap pembagian literasi digital dan tahap gerakan literasi digital yang mendapat respon positif dari pemerintah, guru dan siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matappa

Publisher

Subject

Education

Description

MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal ABDIMAS yang dikelola dengan proses peer review, dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa memiliki e-ISSN: 2614-6673 dan p-ISSN: 2615-5273. menerbitkan artikel pengabdian pada masyarakat dengan bidang pendidikan, pengembangan sumber daya ...