JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021

ANALISIS POLA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA SDN 5 MENDO BARAT DI MASA PANDEMI

Feni Kurnia (Unknown)
Dea Angelica (Unknown)
Hikmatul Uzma (Unknown)
Imas Rahmatissa (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola belajar yang diterapkan pada siswa di SD N 5 Mendo Barat di masa pandemi dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di SDN 5 Mendo Barat. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran yang melakukan apersepsi sebesar 75%. Serta hasil wawancara yang dilakukan dengan guru menunjukkan minat belajar siswa sama saja dengan keadaan sebelum pandemi karena dilakukan kegiatan pembelajaran secara luring berkelompok, berbeda dengan keadaan kegiatan pembelajaran daring minat belajar siswa sangat menurun dikarenakan berbagai faktor. Hasil belajar siswa juga bisa dilihat dari kemampuan siswa, jika berkenaan dengan materi berhitung nilai siswa masih bisa dikatakan baik. Namun, dalam pembelajaran yang memerlukan penalaran siswa masih kurang memahami arti dari wacana yang dibacanya.Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa juga cukup baik seperti memberikan motivasi dengan memberikan kata-kata pujian, reward dan skor yang akan diakumulasikan di akhir semester.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...