JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Literature Review: Studi Tentang Pengembangan Modul pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan

Arizona, Dwiky Putra (Unknown)
Widjaja, Andang (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Terdapat beberapa penelitian terdahulu yang telah melakukan pengembangan modul dasar-dasar konstruksi bangunan, sehingga mengetahui perbedaan hasil validasi kelayakan modul serta perbedaan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan modul yang dikembangkan pada penelitian terdahulu menjadi tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature review. Data dianalisis dengan cara membaca hasil penelitian jurnal terdahulu, selanjutnya melakukan rekapitulasi hasil penelitian berupa persentase kelayakan modul serta rata-rata hasil belajar peserta didik setelah mengimplementasikan modul yang pernah dikembangkan. Analisis ini memiliki hasil bahwa, validasi kelayakan materi, bahasa, dan grafis pada modul terdahulu yang dilakukan oleh para ahli mendapatkan predikat diatas kategori Layak. Penelitian dengan persentase kelayakan modul tertinggi memiliki persentase sebesar 89,6%. Untuk hasil belajarnya memiliki rata-rata diatas KKM yaitu sebesar 75, untuk rata-rata hasil belajar tertinggi adalah 83. Dengan demikian modul yang telah dikembangkan pada penelitian terdahulu merupakan modul yang terbukti Layak, sehingga dapat digunakan sebagai acuan pengembangan modul selanjutnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...