Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Nurhayati T. (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Jamal Fakhri (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Rizki Wahyu Yunian Putra (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Adolf Simatupang (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk menguasai materi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Amal Bakti Jatimulyo. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga kelas yaitu kelas XI Ak.1 dan XI Ak.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan Anova dan uji komparasi ganda. Dari hasil perhitungan analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...