Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Remedial Siswa Melalui Met-Before Terhadap Pemahaman Materi Fungsi Komposisi Siswa Kelas X

Alifta Mardani (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Sumaji Sumaji (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui met-before dari materi fungsi komposisi, dan untuk melihat ketuntasan belajar siswa pada materi fungsi komposisi dengan pembelajaran remedial menggunakan met-before. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambit. Dari hasil pre-test diketahui bahwa terdapat tiga karakter atau kelompok siswa berdasarkan pemahaman materi fungsi komposisi ditinjau dari segi met - before. Pada kelompok pertama siswa belum menguasai materi-materi met-before dari mulai himpunan hingga fungsi dan belum menguasai juga materi fungsi komposisi, kelompok kedua siswa hanya mampu menguasai materi fungsi komposisi hingga tahap menghitung fungsi komposisi, dan kelompok ketiga siswa mampu menguasai materi met-before dari mulai himpunan hingga fungsi dan mampu menguasai materi fungsi komposisi. Setelah diberikan materi remedial kemampuan siswa terhadap pemahaman materi fungsi komposisi diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami ketuntasan baik pada materi fungsi komposisi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...