WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer
Vol. 3 No. 3 (2021): Juli

Peningkatan Literasi Keuangan Guru Melalui Pemanfaatan Fintech di era Digital

Endang Herawan (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Komarudin Komarudin (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Rina Destiana (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Misdi Misdi (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Penguasaan literasi keuangan di era digital sudah menjadi kebutuhan terlebih di era new normal sekarang ini. Pembayaran dan penerimaan tunai (kas) sudah mulai berkurang. Selain itu, faktor keamanan menjadi pertimbangan tersendiri. Sayangnya, kemapuan ini masih dinilai belum dikuasai oleh guru-guru sekolah vokasi. Untuk mempercepat kemampuan literasi ini, maka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kelompok SMK PUI Kota Cirebon ini ditujukan untuk meningkatkan kecakapan literasi teknologi keuangan (FINTECH). Pendekatan yang dipakai adalah seminar yang dilaksanakan di SMK PUI Kota Cirebon. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan literasi keuangan digital di antara para guru SMK PUI Kota Cirebon. Dengan demikian, hal ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan seminar ini dapat menimbuhkan sikap positif dan berdampak pada literasi keuangan para tenaga profesional di lingkungan SMK PUI di kota Cirebon Kata kunci: fintech, guru, literasi keuangan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

widyabhakti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer yang memiliki filosofi memberikan pencerahan dalam hal ilmu pengetahuan kepada masyarakat dengan cara mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman dari sumber literasi ilmiah dengan cara pelatihan dan penyuluhan, sosial, manajemen, peningkatan produksi, product ...