Jurnal Basicedu
Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills di Sekolah Dasar

Fahmi Qodrul Asphar (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Syarip Hidayat (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Yusuf Suryana (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran disusun oleh pendidik di Sekolah Dasar, Rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun oleh pendidik berdasarkan indikator pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif analisis. Proses analisis data dilakukan dengan menganalisi berupa dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat pendidik untuk proses pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu berupa RPP yang telah dibuat oleh pendidik di Sekolah Dasar. Hasil analisis rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh pendidik terdapat kurang kecocokannya indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran dengan kompetensi dasar yang dikembangkan, serta masih kuranggnya penggunaan kata kerja berorientasi HOTS dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Hal ini menunjukan perlu adanya perbaikan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS agar terciptanya kegiatan pembelajaran yang mengacu kemampuan berpikir tingkat tinggi/HOTS peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...