Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 2 (2021): Agustus 2021

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK (MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA) SISWA KELAS III

Cahyono, I Ketut Somoarta (Unknown)
Rati, Ni Wayan (Unknown)
Pajarastuti, Desak Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa kelas III SD Negeri 9 Dauh Puri dengan menerapkan model Problem Based Learning. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Adapun subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas III SD Negeri 9 Dauh Puri. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif, dengan menggunakan indikator keberhasilan. Hasil analisis siklus I PTK diperoleh bahwa, hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa masih berada di kategori sedang, dimana persentase rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 68,1% dengan ketuntasan klasikal sebesar 51,6%. Pada siklus II, terdapat peningkatan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa, dimana persentase rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 77,6% berada pada kriteria sedang. Persentase ketuntasan klasikal mencapai 80,6%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...