Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 2 (2021): Agustus 2021

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK (MUATAN PELAJARAN IPA) SISWA KELAS V

Agustini, Ni Kadek Ayulina (Unknown)
Rati, Ni Wayan (Unknown)
Pajarastuti, Desak Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada tema 7 (muatan pelajaran IPA) siswa kelas V SD No. 2 Abianbase Badung dengan menerapan model Problem Based Learning. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD No. 2 Abianbase. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif, dengan menggunakan indikator keberhasilan. Hasil analisis siklus I diperoleh bahwa, hasil belajar IPA siswa masih berada di kategori rendah, dimana persentase rata- rata kelas yang diperoleh sebesar 63,7% dengan ketuntasan klasikal sebesar 45,7%. Pada siklus II, terdapat peningkatan hasil belajar IPA, dimana rata- rata kelas yang diperoleh sebesar 72,3. Setelah dikonversikan menunjukkan bahwa persentase hasil belajar siswa sebesar 72,3% berada pada kriteria sedang. Persentase ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus II mencapai 71,4%.  Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...