Triadik
Vol. 19 No. 1: APRIL 2020

DESKRIPSI PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 10 KOTA BENGKULU

Laila, Rima Dani Mufida (Unknown)
Hadiwinarto, Hadiwinarto (Unknown)
Misbahuddin, Arsyadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk diskripsi peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah pembentukan karakter bertanggung jawab belajar pada siswa dengan populasi yang terdiri dari 166 siswa, 117 siswa menjadi sampel dari penelitian ini Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan angket yang mewakili lima fungsi BK yaitu pemahaman, pencegahan, penyelesaian, pengentasan, dan pengembangan. Metode analisis data menggunakan rumus skala Likert. Hasil penelitian yang dilakukan, untuk pemahaman diperoleh hasil 76,92%. Artinya sudah cukup baik. Selanjutnya, pencegahan diperoleh nilaiĀ  83,76% yang berarti guru BK baik. Lalu fungsi pengentasan diperoleh nilai 83,76%.Pada pemeliharaan, diperoleh nilai 78,63% yang menunjukkan bahwa guru BK sudah baik melakukan penyelesaian tentang masalah bertanggung jawab belajar.Terakhir, pengembangan dimana diperoleh nilai 78,63% baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

triadik

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

TRIADIK is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKIP University of Bengkulu. It is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and ...