Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 2 (2021): Agustus

Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sutojayan

Marinda Sari Sofiyana (Universitas Islam Balitar)
Filina Yuristiana (Universitas Islam Balitar)
Erina Nur Afifah (Universitas Islam Balitar)
Fitria Nur Aini (Universitas Islam Balitar)
Nurvika Rahmayanti (Universitas Islam Balitar)
Yuliana Ekawati (Universitas Islam Balitar)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2021

Abstract

Saat ini Indonesia berada di masa Pandemic Covid-19 yang membuat proses pembelajaran dilakukan secara daring. Pelaksanaan pembelajaran daring di Kelurahan Sutojayan, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar dinilai tidak efektif oleh orang tua siswa karena kurang pahamnya pengetahuan mengenai teknologi informasi yang dapat menunjang proses belajar. Tujuan adanya kegiatan adalah untuk membantu siswa dalam adaptasi teknologi selama pembelajaran daring dengan mengguna;kan aplikasi Zoom meeting, Google meet, dan Google Classroom. Metode pengabdian yang dilakukan adalah tiga tahap, yaitu observasi dan perencanaan, implementasi kegiatan, dan refleksi evaluasi. Sasaran pengabdian adalah siswa-siswi kelas 5-6 Sekolah Dasar di Kelurahan Sutojayan sebanyak 15 siswa. Implementasi kegiatan dilakukan dengan cara sosialisasi penggunaan aplikasi yang umum digunakan selama pembelajaran daring, seperti Zoom Meeting, Google Meet, dan Google Classroom. Hasil yang diperoleh adalah meningkatnya pengetahuan siswa dalam penggunaan aplikasi pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdimaspen

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JUMAT PENDIDIKAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT adalah Jurnal ilmiah yang mewadahi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA). Jurnal ini akan mempublikasikan ...