Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Ihsan Ihsan (STKIP Taman Siswa Bima)
Sri Yanti (STKIP Taman Siswa Bima)
Adi Apriadi Adiansha (STKIP Taman Siswa Bima)
Furkan Furkan (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Pentingnya pembentukan nilai karakter mandiri pada siswa sekolah dasar memberikan pengaruh yang positif terhadap mutu pendidikan di Inonesia. Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah untuk mengetahui pembentukan karakter mandiri siswa sekolah dasar melalui pembelajaran Daring pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Subjek penelitian ini adalah salah satu sekolah dasar Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Hasil penelitian yaitu pembelajaran Daring ini dikembangkan guna membentuk nilai karakter mandiri, karena pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa sehingga siswa dituntu untuk memahami diri sendiri, kebutuhan akan proses, mandiri dalam mengelola pembelajaran dan bertanggung jawab dalam proses yang diambil serta disiplin. Maka hakekat terhadap siswa dalam menghargai waktu menjadikan siswa membentuk nilai karakter mandiri yang positif. Oleh karena itu pembelajaran Daring dapat membentuk nilai karakter kemandirian pada siswa sekolah dasar di masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...