FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 7, No 1 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TURUNAN FUNGSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM

Siti Imas Masitoh (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon)
Anggita Maharani (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Yusridah Lubis (SMK Negeri 1 Kadipaten)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2021

Abstract

Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan secara daring, dengan beberapa ketentuan diantaranya berkurangnya jam pelajaran pada setiap mata pelajaran, seperti halnya pembelajaran  matematika di satuan pendidikan SMK Negeri 1 Kadipaten yang dilakukan satu pertemuan (45 menit) dalam satu minggu, hal ini berdampak kepada implementasi pembelajaran yang menyebabkan beberapa kegiatan  penting dalam pembelajaran tidak terlaksana sebagaimana harusnya, dengan demikian menyebabkan penurunan terhadap penguasaan materi oleh peserta didik, sehingga hasil belajar dari peserta didik masih banyak yang dapat dinyatakan belum tuntas atau belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model flipped classroom  pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan materi tafsiran geometri dari turunan fungsi. tipe penelitian merupakan tipe penelitian kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas, adapun prosedur yang digunakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan tafsiran geometri dari turunan fungsi dengan menggunakan model flipped clasroom adapun persentase ketuntasan belajar  pada setiap siklusnya yaitu silus I 56%, siklus II 72% dan siklus III 88%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...