Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 8, No 2 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

Analisis Kepercayaan Diri Siswa dalam Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Nurhandita Nurhandita (Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Marniati Marniati (Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Farman Farman (Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepercayaan diri dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IXC SMPN 2 Latambaga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 29 siswa kelas IXC SMPN 2 Latambaga. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket dan soal tes yang terdiri dari 4 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kepercayaan diri siswa berada pada kategori sedang (2) kemampuan pemahaman konsep siswa berada pada kategori sedang (3) siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi mampu menyelesaikan tiga indikator dalam kemampuan pemahaman konsep yaitu indikator 1, 3 dan 4 (4) Siswa dengan tingkat kepercayaan diri sedang mampu menyelesaikan dua indikator dalam kemampuan pemahaman konsep yaitu indikator 2 dan 3 (5) Siswa dengan tingkat kepercayaan diri rendah mampu menyelesaikan dua indikator dalam kemampuan pemahaman konsep yaitu indikator 1 dan 4.

Copyrights © 2021