The purpose of this study was to determine the condition of the fine motor skills of children aged four to five years in TK Tunas Bangsa Ciamis Regency. This study used a qualitative approach with descriptive methods with the number participants of five children aged four to five years, male and female, of whom three were male and two were female, who were involved in fine motor skills research. Data collection techniques used observation sheets, interviews and documentation, while for data analysis techniques used descriptive. Based on the results of interviews with teachers, that the fine motor skills of children aged four to five years at TK Tunas Bangsa Ciamis District are still low. It is advisable to pay more attention to the fine motoric development of children when the child is writing and taught to hold a pencil properly and correctly so that the child can do well according to the achievement of the age of four to five years, and parents should always accompany the child when studying at home and can give stimulus to children well.Keywords: Fine Motor Skills; Fine Motor Skills; Early Childhood. AbstrakTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi keterampilan motorik halus anak usia empat sampai lima tahun di TK Tunas Bangsa Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan jumlah partisipan lima orang anak berusia empat sampai lima tahun berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang diantaranya berjenis kelamin laki-lakinya tiga orang dan berjenis kelamin perempuannya dua orang yang dilibatkan dalam penelitian keterampilan motorik halus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan dari hasil wawancara kepada guru, untuk keterampilan motorik halus pada anak usia empat sampai lima tahun di TK Tunas Bangsa Kabupaten Ciamis masih rendah. Disarankan untuk lebih di perhatikan lagi dalam perkembangan motorik halus anak ketika anak sedang menulis dan diajarkan memegang pensil yang baik dan benar sehingga anak dapat melakukannya dengan baik sesuai pencapaian usia empat sampai lima tahun, dan bagi orang tua sebaiknya selalu mendapingi anak ketika belajar dirumah dan dapat memberi stimulus pada anak dengan baik.Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus; Motorik Halus; Anak Usia Dini
Copyrights © 2021