Strategi pembelajaran yang harus dilaksanakan dalam pembelajaran fisika hendaknya banyak melibatkan dan mendorong keaktifan belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dipandang efektif untuk mengatasi permasalahan adalah strategi penemuan terbimbing berbantukan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi penemuan terbimbing berbantukan LKS terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII di SMPN 24 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimen Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk aspek kognitif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada ranah kognitif. lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada ranah kognitif adalah 70,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 62,58. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t, pada ranah kognitif diperoleh thitung= 2,51, dan ttabel= 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung > ttabel sehingga Ho ditolak.
Copyrights © 2021