Pembelajaran berbasis online bagi anak usia dini di masa pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi sekolah, guru dan orang tua. Bagi pihak sekolah dan guru memberikan layanan pembelajaran berbasis online secara paripurna menjadi keniscayaan yang harus mampu direalisasikan. Kondisi tersebut akan berimbas pada tingkat kepuasan yang dirasakan orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat dan faktor-faktor kepuasan dan pendampingan orang tua selama pelaksanaan pembelajaran online di Sekolah Laboratorium PAUD Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember. Basis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner berbasis gooogle form. Jumlah responden sebanyak 50 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mencapai 86,73% sedangkan tingkat intensitas pendampingan orang tua pada proses pembelajaran online mencapai 78%. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan orang tua antara lain penggunaan strategi/metode pembelajaran, bahan ajar yang disediakan serta penilaian guru pada setiap tugas dan pekerjaan siswa.
Copyrights © 2021