Populis : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 6, No 2 (2021)

Promosi Citra Destinasi dan Kualitas Produk: Keunggulan Bersaing UMKM Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor

Deden Kurniawan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana)
Yudo Rizky Ramadhan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana)
Fauzi Nur Iman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Kemajuan pariwisata akan berpengaruh terhadap terangkatnya UMKM dan dampaknya keberadaan UMKM akan lebih berkembang, pariwisata mempengaruhi munculnya pengusaha baru di berbagai sektor pendukung kegiatan wisata. Pengembangan pariwisata memberikan dampak berupa stimulus untuk perkembangan UMKM di sekitar kawasan wisata tersebut, sehingga pariwisata berdampak positif oleh para pelaku usaha jasa pariwisata utamanya untuk ekonomi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi keunggulan bersaing UMKM Tegalwaru. Variabel independen yang didapatkan dari hasil survei pendahuluan adalah promosi, citra destinasi, dan kualitas produk. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM dan pengolahan data menggunakan PLS versi 3.0. Populasinya adalah UMKM yang berwilayah di Tegalwaru, Bogor. Dengan sampel 160 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, citra destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, serta kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.

Copyrights © 2021