Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan

Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Objek Wisata Aek Sijorni Kabupaten Tapanuli Selatan

Elia Nandayana Pane (Universitas Negeri Padang)
Ira Meirina Chair (Universitas Negeri Padang)
Dwi Pratiwi Wulandari (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk mengetahui Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Objek Wisata Aek Sijorni Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode survey. peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data, misalnya dengan mengedar koesioner, test, wawancara, terstruktur dan sebagainya. Populasi penelitian yaitu wisatawan yang pernah berwisata ke Aek Sijorni. Metode penelitian ini adalah dengan teknik non probability sampling berjumlah 99 responden. Teknik pengumpulan data melalui angket dengan menggunakan skala likert berjumlah 26 pernyataan yang sudah teruji validitas, dan realibilitas. analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. digunakan untuk mendapatkan gambaran distribusi frekuensi data yang mencakup nilai maksimal dan minimal, mean, median, standar deviasi dan tingkat pencapaian responden menggunakan program SPSS versi 23.00 dan Ms. Excel. Hasil penelitian: Secara keseluruhan Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Objek Wisata Aek Sijorni Kabupaten Tapanuli Selatan dengan nilai rata-rata skor aktual yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebesar 8011 yang berada pada rentang interval 6436–8366 di kategorikan cukup dengan interpretasi persentase penilaian sebesar 51%. Selanjutnya berdasarkan indikator berikut ini: 1)Indikator Bentuk persentase penilaian responden 0% kategori sangat baik, 12% kategori baik, 48% kategori cukup, dan 39% kategori kurang. 2)Indikator Fungsi menunjukkan persentase penilaian responden 0% kategori sangat baik, 8% kategori baik, 51% kategori cukup, dan 40% kategori kurang. 3)Indikator Lokasi persentase penilaian responden 1% kategori sangat baik,12% kategori baik, 49% kategori cukup, dan 37% kategori kurang. 4)Indikator Mutu persentase penilaian responden 0% kategori sangat baik, 13% kategori baik, 59% kategori cukup, dan 40% kategori kurang. Kata Kunci: Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Objek Wisata Aek Sijorni Kabupaten Tapanuli Selatan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKPBP

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal ini terbit Tiga kali dalam satu tahun pada bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan hanya menerima karya ilmiah asli yang belum dipublikasikan pada media lain. Semua artikel yang masuk akan ditinjau terlebih dahulu oleh EDITOR yang kompeten dan akan di ...