Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakter siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan bulat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa MTs kelas VII sebanyak 3 orang dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dari hasil nilai PAT (Penilaian Akhir Tahun). intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi. Data diperoleh dari tes kemampuan matematika dan wawancara. Tes ini terdiri dari lima kategori berfikir kreatif: keaslian, kelancaran, keluwesan, penguraian dan perumusan kembali dengan langkah pemecahan masalah Membaca dan berfikir, Ekplorasi dan merencanakan,memilih stategi, mencari jawaban dan Refleksi dan pengembangan. Penelitian dilakukan di MTsN 4 Mojokerto, kelas VII-D tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berbeda maka hasil yang diperoleh beda pula yaitu : kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan berfikir kreatif pada keaslian, kelancaran, keluwesan, penguraian dan perumusan kembali. Siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki kemampuan berfikir kreatif pada keaslian, keluwesan dan penguraian. Siswa dengan kemampuan matematika rendah memiliki kemampuan berfikir kreatif pada keluwesan saja.
Copyrights © 2021