Meluasnya pandemi Covid-19 memaksa proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring. Hal ini menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi agar pembejaran lebih interaktif terutama pada kondisi pandemi. Akan tetapi tidak banyak guru di sekolah yang menguasi perangkat lunak sebagai media pembejaran, sehingga perlu dilakukan pelatihan dalam pemanfaatan teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Metode yang dilakukan antara lain perancangan dan persiapan yang meliputi survei terhadap kondisi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Hasil survei awal menunjukkan bahwa guru IPA masih sangat terbatas dalam memanfaatkan metode pembelajaran dengan perangkat lunak interaktif, sehingga dilakukan pelatihan dengan modul yang sudah disediakan dan perangkat lunak yang dapat mewakili pembelajaran IPA berbasis STEM dengan penggunaan Nearpod dan Laboratorium virtual simulasi PhET. Hasil Pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kreatifitas guru IPA dalam proses pembelajaran daring
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021