JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Vol 5 No 02 (2021): August Edition

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BELITANG

Leni Marlina (Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja)
Rafika Rahmadani (Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja)
Vovi Sinta (Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas VIII. Dalam penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang menjadi kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VIII.9 dengan jumlah 32 peserta didik, dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas VIII.10 dengan jumlah 32 peserta didik. Berdasarkan hasil uji deskriptif diperoleh hasil belajar peserta didik dengan kategori sedang sebesar 71,875%. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas yang telah dilakukan kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di kelas VIII di SMP Negeri 2 Belitang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 2,265 > ttabel 1,693 dengan taraf signifikan 0,031 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

utility

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau ...